Selasa, 21 Maret 2017

Ikan mas

ikan mas indonesia
Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan ikan mas..Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang yang bisa di kansumsi..Pisik ikan mas berbadan memanjang pipih ke samping dan lunak..Tapi tahukah anda dari mana ikan mas itu berasal..
Ikan mas sudah di pelihara di china sejak tahun 475 sebelum masehi..Sedangkan di  Indonesia baru di pelihara mulai tahun 1920..Di bawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang..Budidaya ikan mas telah berkembang pesat di Indonesia..Kita bisa beternak ikan mas di kolam biasa, di sawah , di waduk atau di sungai yang berair deras..Untuk beternak di perairan yang umum kita bisa menggunakan keramba atau raning..Sentra ikan mas di Indonesia di antaranya : Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Bandung, Cianjur, Purwakarta, Sukabumi dan Bogor..
Ikan mas terdiri dari beberapa ras..Kita bisa membedakan rasnya dari sifat dan ciri cirinya..Perbedaan dari setiap ras di sebabkan oleh adanya interaksi antara genotipe dan lingkungan kolam, musim dan cara pemeliharaan..Masing masing ras bisa di bedakan dari penampilan bentuk pisik dan warnanya..Ciri ciri dari beberapa ras ikan mas :
a..Ikan mas Majalaya : Badanya relatip pendek dengan punggung yang tinggi, gerakanya lamban, sisik berwarna hijau keabu abuan dan bila di beri makan suka berenang di permukaan air..
b..Ikan mas si Nyonya : Badan relatip panjang, matanya waktu masih muda tidak menonjol sedangkan kalau sudah dewasa matanya menjadi sipit, gerakanya lamban, sisik berwarna kuning muda..Dan suka beada di permukaan air..
c..Ikan mas Taiwan : Badan relatip panjang, penampang punggung membulat, mata agak menonjol, gerakanya  lebih gesit dan aktif..Sisik berwarna hijau kekuning – kuningan..
d..Ikan mas Punten : Bentuk tubuhnya relatif pendek tapi punggungnya lebar dan tinggi..Mata agak menonjol..Gerakanya lambat dan cenderung bersipat jinak..Sedangkan warna sisiknya hijau gelap..
e..Ikan mas Merah : Bentuk badanya relatip memanjang, dan posisi punggungnya relatif lebih rendah, matanya agak menonjol..Gerakanya aktif dan paling suka mengadauk-aduk dasar kolam..Sisiknya berwarna merah keemasan..
f..Ikan mas Lokal : Bentuk tubuhnya merupakan kombinasi dari dari beberapa jenis ikan mas..Matanya tidak sipit..Ada kemungkinan ikan ini merupakan dari hasil perkawinan silang yang tidak terkontrol..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar