Jumat, 17 Maret 2017

Burung cendrawasih


Friday, January 15, 2016

Burung Cendrawasih Fauna Khas Indonesia

Burung Cendrawasih merupakan salah satu fauna yang berasal dari Indonesia. Cendrawasih berasal dari tanah Papua, yang sangat indah. Karena keindahannya, burung ini bahkan dijuluki sebagai burung yang berasal dari surga. Banyak yang menyangka bahwa burung ini memang berasal dari kayangan. Saking bentuknya yang indah, cendrawasih menjadi buruan banyak orang. Tidak sedikit pemburu liar yang memburu burung jenis ini dan menjual dengan harga mahal. Pemerintah pun berusaha untuk melindungi spesies cendrawasih. Sehingga, kelangsungan hidupnya bisa berlangsung lama.

pict : www.situshewan.com

Jika anda melihat cendrawasih sedang terbang, maka bersiaplah untuk mengagumi keindahannya. Keindahan yang tercipta dari warna warna yang ada di dalam tubuhnya. Banyak yang belum mengenal sebenaranya dari jenis family mana cendrawasih ini. Kebanyakan mengenal cendrawasih sebagai burung yang berasal dari Papua.

Penjelasan Mendalam tentang Burung Cendrawasih
Burung ini dikenal juga sebagai Bird from Paradise. Bagi anda yang baru pertama kali melihat cendrawasih, tentunya tidak akan bisa lepas untuk memandang cendrawasih. Jantan cendrawasih sangat banyak terdapat di Papua. Dengan jumlahnya yang terus menurun tiap tahun nya. Burung ini masuk ke dalam family Paradisaeidae. Selain di tanah Papua, burung ini juga terdapat di Australia dan juga Papua Nugini. Famili ini memiliki sekitar 14 genus dan 43 spesies. 75% dari spesies nya bisa ditemukan di Indonesia.

Dalam kepercayaan masyarakat di Papua, burung ini dianggap sebagai titisan dari surga. Karena tidak memiliki kaki, burung ini hanya akan melayang laying di udara dan tidak mungkin untuk berjalan di tanah. Warna warna yang dimiliki oleh burung burung ini terdiri dari coklat, putih, biru. Oranye dan juga masih banyak lainnya. Burung ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Tidak semuanya memiliki ukuran besar. Yang paling kecil hanya berukuran 15cm, sedangkan beratnya hanya sekitar 50 gram. Hal ini berbeda dengan jenis yang cukup besar, dengan ukuran 110 cm dan memiliki berat lebih dari 400 gram. Biasanya jenis besar ini terdapat di jenis Cendrawasih Jambul.

Keindahan yang bisa anda temukan pada cendrawasih sesungguhnya digunakan untuk menarik minat betina untuk kawin. Si jantan akan menunjukkan keindahannya dengan berbagai tarian. Tarian yang dilakukan oleh para jantan ini, nantinya akan menarik betina untuk bersedia diajak kawin. Si jantan juga akan menari ke berbagai arah, tidak heran jika setiap Cendrawasih dari spesies yang berbeda memiliki tarian khusus untuk menarik lawan jenisnya.
Habitat Burung Cendrawasih

Cendrawasih memiliki habitat untuk hidup di hutan yang lebat. Biasanya hidup di dataran dataran rendah dan memilih tempat yang sangat aman. Di Papua sendiri, hanya di beberapa kawasan saja yang memiliki cendrawasih dalam jumlah yang banyak. Salah satu jenis cendrawasih yang sangat terkenal berasal dari genus Paradisaea karena memiliki warna yang sangat menarik. Dimana memiliki warna kuning indah yang menyala. Namun, jenis lainnya juga tidak kalah menarik dengan warna warna yang indah menyala.
Sekarang ini, ada jenis cendrawasih yang disimpan di Kebun Binatang sebagai koleksi dan bisa dilihat oleh pengunjung. Pemeliharaan burung ini juga harus dikerjakan dengan hati-hati. Agar kondisinya tidak kaget dan bisa meyesuaikan seperti di lingkungan aslinya. Setelah mengenal asal usul burung ini, anda bisa menjaga sekaligus mengenal lebih jauh mengenai cendrawasih. Sebagai fauna khas Burung Cendrawasih Indonesia, sudah sepantasnya bahwa julukan burung dari surga jatuh kepada Burung Cendrawasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar