Sabtu, 18 Maret 2017

Burung merak


Burung Merak Berasal dari Daerah Mana ?

Burung Merak Putih, Bulunya Cantik
burung merak makan apa, burung merak terbang, burung merak berasal dari daerah mana, burung merak untuk dijual, burung merak in english asal burung merak, burung merak digital photography, burung merak dijual
Kalau selama ini kita mengenal merak berbulu hijau atau biru, ternyata ada juga merak yang berbulu putih. Konon, merak putih ini merupakan hasil silangan para penyayang binatang di India.
Di Indonesia, habitat burung merak hanya di Ujung Kulon (Jawa Barat) dan di Baluran (Jawa Timur). Dua tempat itu letaknya persis di Ujung Pulau Jawa. Bedanya, yang satu di ujung barat dan satunya lagi di ujung timur. Sumatera, yang letaknya lebih dekat dengan semenanjung (Malaya) Malaysia yang diduga merupakan tempat asal merak Indonesia, justru tidak dihuni merak. Mengapa ?
Ada tiga jenis merak, berdasarkan warna bulunya. Pertama, merak hijau (Pavo Muticus). Daerah penyebarannya meliputi Jawa Barat, Jawa Timur, Sedangkan Malaya, Myanmar (dulu Birma). Kedua, Merak Biru (Pavo Cristatus), dari India dan Kawasan Asia. Ketiga, Merak Putih. Karena dianggap merupakan mutasi dari merak biru, maka sampai saat ini ia pun “numpang nama” Latin pada merak biru, Pavo Cristatus. Selain di India, merak putih ini dikabarkan terdapat pula di Srilanka.
Dibandingkan dengan merak hijau atau biru, badan merak putih agak ramping. Namun panjang badan berikut ekornya sama, sekitar 1- 1,5 m. Sesuai dengan namanya, merak ini berbulu putih bersih seperti kapas, tanpa warna lain lagi. Ciri-Ciri Merak putih jantan berekor panjang dengan taji di kedua kakinya, sedangkan yang betina ekornya pendek dan tidak bertaji. Namun keduanya memiliki bulu mahkota di atas kepala, mirip kipas kecil. Bila musim kawin tiba, bulu-bulu ekor sang jantan akan terangkan tinggi-tinggi menyerupai kipas besar. Hal ini dilakukan sang jantan untuk menarik perhatian betinanya.
Habitat Burung Merak
burung merak makan apa, burung merak terbang, burung merak berasal dari daerah mana, burung merak untuk dijual, burung merak in english asal burung merak, burung merak digital photography, burung merak dijual
Di alam bebas, merak hidup di hutan-hutan dataran rendah. Makanannya berupa biji-bijian, buah-buahan jatuh, cacing tanah, dan serangga. Ia juga sangat suka makan rumput, di tempat terbuka yang dekat dengan sumber air. Merak biasa tidur bertengger di pohon-pohon yang tidak terlalu rimbun daunnya. Dalam hal mengasuh anak, merak betinalah yang paling berperan. Merak jantan hanya bertugas mengasuh dan mengawini merak-merak betina yang sudah siap kawin.
Setelah itu, ia pergi entah ke mana. Seekor induk betina biasanya akan mengasuh 2 sampai 5 ekor anak. Pada usia 2 minggu, anak-anak merak itu sudah mampu meloncat dan hinggap di dahan setinggi 1 meter. Jika ada bahaya mengancam, misalnya harimau lewat, musang mendekat, atau ular merayap, anak-anak merak akan berlindung beramai-ramai di bawah sayap induknya.
Bulu-bulu ekor merak jantan biasanya rontok setelah musim kawin berakhir. Sepanjang masa ini, bulu ekor yang rontok itu jumlahnya bisa sampai 100 – 150 lembar. Karena keindahannya, maka bulu-bulu ekor ini sudah lama telah dimanfaatkan sebagai penghias Singo Barong(topeng harimau bermahkota bulu-bulu merak) yang merupakan sarana utama dalam kesenian Reog Ponorogo.
Memelihara Merak
Merak diberi makan gabah, jagung giling, dedak, taoge, irisan kangkung, kacang tanah, kacang panjang, serta pepaya. Pemberian makan dilakukan setiap hari, setelah kandang dibersihkan. Dalam kandang disediakan pokok kayu kering sebagai tempat bertengger, sarang tempat bertelur, kolam kecil dan bak pasir sebagai “area bermain”. Untuk mencegah serangan penyakit, sebulan sekali merak putih diberi obat Rajamix U yang mengandung antibiotika, vitamin dan mineral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar